Bisnis Sebagai Ibadah, Sebuah Manifestasi Kesalehan Sosial

Berbeda jika kita menjadi pengusaha, maka kita berpeluang membangun lapangan kerja. Rendahnya tingkat pendidikan mengakibatkan kesusahan untuk mencari pekerjaan.Padahal, lapangan pekerjaan membutuhkan pekerja yang memiliki riwayat pendidikan yang baik dan pengalaman yang luas. Wirausaha adalah seseorang yang mandiri, yaitu orang yang memilki perusahaan sebagai sumber penghasilannya. Dengan kata lain ia tidak menggantungkan dirinya kepada orang lain.

Untuk itu bangunlah jiwa enterpreneur karena banyak manfaat bagi kebaikan diri sendiri dan Indonesia. Wirausaha adalah cara untuk mengurangi pengangguran, dengan membuka usaha kita tidak akan bekerja sendiri dalam mengembangkan usahanya. Kita akan membutuhkan orang-orang yang akan membantu dalam menjalankan kegiatannya seperti penjual makanan cepat saji mereka membutuhkan karyawan untuk memasak, menyajikan makanan dan juga mengatur keuangan. Artinya, usaha yang dijalankannya akan menyerap banyak tenaga kerja, hal ini akan memberikan kontribusi yang baik dalam pengembangan perekonomian dinegara kita. Generasi muda merupakan bagian dari masyarakat yang memiliki tingkat produktivitas yang paling tinggi.

Dampak terjadinya pengangguran pun beragam, diantaranya adalah mengakibatkan terjadinya kemiskinan, memunculkan tindakan kriminal dan menurunkan tingkat keterampilan. Semakin lama menganggur, semakin turun pula tingkat keterampilan seseorang. Pengangguran adalah salah satu masalah yang harus ditanganidengan tepat dan cepat. Banyaknya dampak dari adanya pengangguran, maka pemerintah dan masyarakat Indonesia harus bersinergi mengatasi fenomena tersebut. ”Saya hidup dari fantasi,” kata Bob menggambarkan keberhasilan usahanya. Ayah dua anak ini lalu memberi contoh satu hasil fantasinya, bisa menjual kangkung Rp 1.000 per kilogram.

Beberapa cara untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain

Usaha olahan makanan merupakan salah satu sektor usaha yang bertahan karena masyarakat membutuhkan pasokan makan dan minum untuk bertahan hidup. Saat ini banyak makanan yang bisa bertahan lama dan praktis, misalnya makanan kemasan, makanan beku atau makanan dalam kaleng yang sudah dikemas menjadi salah satu kebutuhan yang sangat dicari oleh masyarakat. Salah satu usaha yang justru peluang semakin besar ditengah pandemi yaitu penjual/pengecer yang menjual produk-produk olahan makananan seperti grocery store, swalayan dan lain sebagainya. Hal ini diperlukan untuk memberikan pengenalan kepada orang dan khalayak luas, selain itu dengan bekerja sama dengan lembaga pendidikan dan menjadikan perusahaan sebuah tempat latihan dapat menciptakan tenaga kerja yang siap pada waktunya. Kehadiran web sebagai media komunikasi memberikan dampak yang cukup besar bagi kehidupan kita. Internet telah menciptakan semacam ikatan yang menjadikan kita menjadi lebih dekat dengan teman, saudara, atau rekan kerja yang jauh jaraknya.

Yuk, pahami dulu tentang pengertian, tujuan, dan karakteristik wirausaha. Dari berbagai ulasan di atas, ternyata hampir semua kelompok pekerjaan dan usaha telah terkena dampak pandemi Covid-19. Pandemi ini tidak memilih-milih jenis pekerjaan yang hendak dia ganggu. Sama seperti pengganggu yang tidak kelihatan, dia mengganggu mereka yang belum mendapatkan pekerjaan sehingga bingung untuk memulainya dari mana. Mereka yang baru saja di-PHK juga kelimpungan untuk mendapatkan pekerjaan baru.