Blended Learning Opsi Belajar Mengajar Di Masa Pandemi

Padahal, dulu sebelum pandemi program tersebut dilakukan saat Hari Belanja Online Nasional saja, yakni 11.11, paling mentok 12.12 untuk promo akhir tahun. Tapi, saat pandemi sekarang setiap bulan selalu ada program baru, mulai dari gratis ongkir sampai diskon yang sangat menarik. Ternyata hal ini adalah strategi untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan upaya marketplace untuk membantu UMKM, lo. Yasa mengubah caranya dalam menjalankan bisnis, dari yang semula mode attack menjadi mode survival.

Karena merupakan momentum penting, Anda perlu mempersiapkan modal yang cukup agar stok tetap terjaga. Ingat, selain modal untuk menambah stok, Anda perlu membayarkan THR karyawan. Agar kesehatan finansial dan cash move bisnis Anda tidak terganggu, carilah alternatif pembiayaan untuk melancarkan semua strategi bisnis Anda. Salah satu alternatif yang dapat Anda manfaatkan adalah Merchant Financing. Berikut tujuh strategi pemasaran produk UKM ditengah wabah covid-19 yang dapat dilakukan.

Strategi bisnis dimasa pandemi

Karena konsumen tidak banyak beraktivitas di luar rumah, aktivitas berbelanja turut dilakukan dari rumah. Konsumen ingin mendapatkan produk berkualitas yang terjaga kebersihan dan keamanannya tanpa keluar rumah. Hasilnya, penjualan berpindah dari toko fisik ke toko on-line dan e-commerce.

Dikutip dari The Guardian,sejalan dengan perubahan layanan dan penawaran dari offline ke on-line, pebisnis juga harus dengan cepat menyesuaikan strategi pemasaran sebagai respons perubahan konsumen. Dalam dunia bisnis di period globalisasi, komersialisasi barang dan jasa dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Media sosial dapat menjadi produk teknologi information yang dapat memberikan manfaat terbaik bagi pelaku bisnis. Merebaknya pandemi ini menuntut para pelaku UMKM untuk siap beradaptasi dengan kondisi saat ini. Salah satunya harus mau menggunakan teknologi yang ada, seperti penjualan online melalui media sosial, meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen, dan menyediakan berbagai produk dan meningkatkan kinerja bisnis.

Di period digital saat ini, berinteraksi dengan konsumen banyak dilakukan melalui media sosial. Strategi ini dilakukan dengan berusaha menargetkan aspek emosional konsumen dan mengaitkan model. Pendekatan pemasaran dipersonalisasi sehingga mampu membentuk ikatan yang cukup kuat dan membangun koneksi secara pribadi dengan konsumen. Hal tersebut dibahas di dalam Fase Kelima programGrab #TerusUsaha Akselerator UMKMyang diadakan oleh Grab Indonesia bersama dengan Komunitas Sahabat UMKM.

Tentukan strategi pemasaran mana yang cocok dan dapat Anda lakukan di masa sekarang agar produk UKM tetap laku di pasaran. Bahkan pelanggan mulai mencari sendiri apa itu Virus Corona dan membeli produk sesuai dengan kebutuhan mereka untuk beberapa minggu kedepan agar melindungi diri dari penularan. Perbankan lainnya berancang-ancang untuk mempertebal eksosistem perbankan digital. Yang mengaloksikan dana IPO untuk menyokong transformasi menjadi bank digital.