Ide Kreatif Dalam Menjalankan Usaha Rumahan Modal Kecil

Etika ini tidak hanya membantu dalam merumuskan strategi pemasaran, namun juga meliputi proses produksi, pengelolaan keuangan, hingga mengatur pegawai kita. Penjualan yang tinggi dalam waktu singkat ini juga yang mendorong pak Joko menjalankan usaha rumahan ini dengan serius hingga kini. Terlebih pada tahun 2011, pak Joko mengajak seorang teman dari seni rupa ISI yang memiliki kemampuan melukis. Dengan meningkatkan kreatifitas, usaha unik milik pak Joko semakin mampu memberikan pundi demi pundi untuk bapak muda berusia 38 tahun ini.

Tentu sudah di sepakati bahwa untuk membangun usaha perlu Modal Uang dan Aset. Teman-teman pasti sudah terpikirkan berbagai cara untuk mendapatkannya. Bahkan, konsumsi yang sifatnya Konsumtif dapat menurunkan tingkat produktifitas kita karena kita kehilangan modal, waktu, tenaga, pikiran dan kehilangan kesempatan membangun jaringan pertemanan yang sehat.

Sebelum mulai memasarkan jasa fotografi maupun videografi, Anda bisa menawarkannya ke saudara atau kenalan yang membutuhkannya secara cuma-cuma. Dengan demikian, Anda dapat membangun portofolio untuk kredibilitas. Selain untuk dokumentasi acara, fotografer dan videografer biasanya juga direkrut untuk membuat media pemasaran sebuah bisnis.

Modal hanya dari kreativitas

Agar menghasilkan madu alami, lebah-lebah yang dibudidaya, katanya, tidak perlu dikasih makanan. Dia hanya butuh menunggu frame penuh dan siap panen setiap satu bulan sekali. Memontum Probolinggo – Pekarangan rumah Praka Marinir, Rofi Dwi Segara warga Rt 01/Rw 03 Jalan Tambora Kelurahan Kademangan, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo memiliki sekitar 450 kotak kayu yang berisi sarang lebah . Hanya bermodal kotak kayu untuk tempat stup lebah, Praka Marinir Rofi bisa meraih omzet hingga jutaan rupiah per bulan, terutama saat musim panen madu tiba. Modal ini adalah modal mental dimana memberikan kita alasan untuk bertahan walau-pun di dera cobaan. Karena disadari bahwa menjadi seorang Enterpreneur, awal-awal pasti tidak banyak untung, dan kalau-pun mendapat keuntungan, tidak selamanya pendapatan itu stabil datang kepada kita.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap para pengusaha terutama UMKM dapat saling berbagi pengalaman dalam menemukan mannequin bisnis lainnya, sehingga usahanya dapat berkembang lebih baik lagi. Untuk itu, pelaku usaha di sektor parekraf jangan menunggu besar untuk go public, tapi jadilah besar dengan go public melalui bursa efek,” ujar Hanifah. Sebuah perusahaan yang memiliki tenaga kerja kreatif dan mampu berinovasi akan lebih mudah untuk masuk ke dalam pasar, menemukan kesempatan yang lebih besar dan mengembangkan produk yang lebih baik dari kompetitor. Dia berharap melalui skema IPO ini pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas usahanya guna memajukan perekonomian Indonesia.

Membuka usaha sendiri tidak harus dengan memiliki ruangan kantor yang besar dan biaya sewa yang sangat mahal, tidak pula harus memiliki ruko sebagai tempat produksi. Bukan hanya mengandalkan apa yang sudah ada, tetapi Anda harus dapat merubah apa yang sudah ada tersebut menjadi apa yang Anda inginkan. Anda harus bisa berfikir menjadi lebih kreatif agar dapat menciptakan ide briliant demi kelancaran bisnis agar sesuai dengan impian Anda. Dikatakan bahwa industri ekonomi kreatif sebenarnya merupakan kolaborasi antara pemodal dan pemilik ide.

Membuat aksesoris wanita termasuk jenis usaha modal kecil untung besar. Hal ini menarik untuk dilakukan karena wanita paling suka dengan aksesoris yang unik-unik. Calon pengusaha hanya perlu bermodalkan kreativitas dan kesabaran. Aksesorisnya dapat berupa syal, bando, bros, kalung, gelang, atau penghias rambut. Jenis usaha modal kecil untung besar juga sangat cocok bagi anak-anak muda. Hal ini berkaitan erat dengan ide dan kreativitas anak muda yang masih kuat.

Tidak tanggung-tanggung, nominal sebesar tiga sampai lima milyar harus disiapkan wirausahawan tersebut, itupun tanpa adanya jaminan uang kembali. Rata-rata pelaku usaha adalah mereka yang memiliki orang tua cukup tajir. Beberapa sumber menyebutkan, anak dan menantu mereka harus nombok gaji pegawai dan biaya operasional selama dua tahun, itupun kalau beruntung. Tak jarang juga yang kelabakan dan menyerah di tengah jalan, lalu ganti pemilik, konsep, merek, dan harus mulai lagi dari awal. Jenis usaha yang sedang booming dalam satu dekade terakhir ini pada dasarnya dapat diartikan sebagai suatu bentuk wirausaha yang memanfaatkan dunia digital sebagai pusat kegiatan bisnis.